Cara Mengatasi Karburator Banjir Tanpa Bongkar

Cara mengatasi karburator banjir tanpa bongkar dapat sangatlah mudah dan dapat Anda lakukan sendiri asalkan karburator tersebut tidak mengalami kerusakan yang parah. Akan tetapi, apabila karburator yang Anda miliki mengalami kerusakan yang cukup parah, maka Anda perlu memperbaikinya dengan cara membongkarnya.

Kerusakan berupa banjir pada karburator ini memang sudah biasa terjadi dan sudah menjadi rahasia umum permasalahan ini terjadi pada motor yang menggunakan bahan bakar karburator. Adanya permasalahan ini memiliki macam-macam sebab, akan tetapi umumnya terjadi akibat adanya sistem pelampung yang mengalami error. 

Umumnya kerusakan ini ditandai dengan adanya bensin yang merembes keluar diantara selang udara dan karburator. Kerusakan ini sangat dianjurkan untuk segera diperbaiki, karena dapat meinmbulkan permasalahan lainnya yang lebih parah. Lebih lengkapnya, berikut cara mengatasi karburator banjir tanpa melakukan pembongkaran :

  1. Membersihkan karburator pada bagian busi

Permasalahan karburator banjir ini sangatlah berbahaya karena rawan terkena percikan api. Ketika mengalami permasalahan tersebut, segeralah membuka bagian busi dan bersihkan komponen tersebut dengan teliti. Selanjutnya cobalah kickstarter secara berulang tanpa memasukan kontak untuk memastikan apakah karburator masih bocor. 

  1. Melakukan Cek pada bagian tutup pelampung

Bagian tutup pelampung tersebut memiliki fungsi sebagai pembuka dan penutup aliran bensin yang terdapat pada tangki menuju bagian karburator. Pada bagian ini umumnya terletak pada bagian bawah karburator sehingga terhubung secara langsung dengan bagian pelampung.

Anda perlu membuka karburator tersebut hingga pelampung yang bewarna putih terlihat, selanjutnya tariklah pen keluar. Hal tersebut dapat membuat komponen tutup pelampung ikut tertarik hingga terlepas. Pastikan bagian tersebut tertutup secara baik ketika pada bagian atas. Anda juga perlu membersihkannya agar tidak tersumbat.

  1. Melakukan Perakitan Pada Seluruh Komponen Karburator
Trending :  Ini ciri KTP Penerima Bansos PKH Bulan Januari 2022

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan yaitu mengecek kembali apakah komponen tadi yang Abda buka telah dibersihkan dengan benar. Setelah seluruhnya diperiksa, maka Anda bisa langsung melakukan perakitan kembali seluruh komponen karburator tersebut. Pastikan Anda memasangnya dengan benar.

Demikian artikel mengenai cara mengatasi karburator banjir tanpa bongkar. Sangat diharapkan artikel ini dapat membantu Anda yang mengalai permasalahan karburator banjir namun tidak ingin membongkarnya. Akhir kata, saya ucapkan banyak terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.