Mengenal AdBlue, Si Urea Cair Yang Bikin Mesin Truk Comply Pada Persyaratan Emisi Euro 4 Dan 5

Jakarta – Pemerintah resmi memberlakukan standar emisi baru untuk kendaraan diesel dari Euro 2 hingga Euro 4 mulai awal April 2022.

Produsen dan perusahaan yang menjual truk dengan mesin diesel tidak lagi dapat menjual truk dengan mesin Euro 2.

Truk bermesin dengan standar emisi Euro 4 dan Euro 5 akan dijual di Indonesia mulai kuartal II 2022, beberapa di antaranya akan menggunakan teknologi EGR (exhaust gas recirculation), seperti truk yang dijual Isuzu dan Hino.

Teknologi Exhaust Gas Recirculation (EGR) mengurangi kadar NOx dengan mengurangi suhu di ruang bakar dengan mengembalikan sebagian gas buang kembali ke mesin.

Teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR) yang diterapkan oleh merek Eropa seperti Mercedes-Benz dan pemain seperti truk merek Jepang UD Trucks juga digunakan.

Teknologi SCR ini telah diadopsi pada truk Quester Euro 5 yang dijual oleh UD Trucks dan truk Mercedes-Benz Axor yang dijual oleh Daimler di Indonesia.

Teknologi SCR mengurangi oksida nitrogen buangan dengan menyuntikkan urea cair (AdBlue) ke dalam saluran pembuangan sistem yang terpisah dari mesin utama, memancarkan Emisi Euro 5 standar sebelum dibuang ke atmosfer.

Truk yang menggunakan teknologi SCR untuk memenuhi standar emisi Euro 4 dan 5 menerapkan penggunaan AdBlue.

AdBlue adalah cairan yang mengandung urea yang dipatenkan oleh Asosiasi Industri Otomotif Jerman (VDA).

Reaksi kimia antara urea dan gas buang dapat menetralkan nitrogen oksida (Nox) yang berbahaya dalam air dan nitrogen.

Teknologi SCR Ad Blue digunakan sebagai cairan untuk mengurangi kandungan nitrogen oksida dari gas buang yang dihasilkan oleh mesin yang memenuhi standar Euro 4 dan Euro 5.

Teknologi AdBlue ini sebenarnya diterapkan pada tahun 2004 oleh UD Trucks, yang menggunakan nama merek Nissan Diesel untuk truk Quon mereka. Teknologi ini berhasil menurunkan emisi tanpa mengurangi performa mesin utama.

Trending :  Manfaat & Tips Memiliki Asuransi Mobil di Tahun 2022

Di truk Quester Euro 5 UD Trucks, penggunaan Ad Blue adalah 3-5% dari bahan bakar yang digunakan.

Jika Anda berlari 3 km dengan 1 liter solar, Anda dapat berlari hingga 75 km dengan 1 liter AdBlue.

Winarto Martono, CEO Astra UD Trucks, menjelaskan pengusaha truk biasanya mengelola satu kendaraan per bulan sepanjang 6000 km.

Untuk itu diperlukan solar sebanyak 2.000 liter, sehingga penggunaan Ad Blue diperkirakan mencapai 80 liter per bulan, atau Rp 800.000 per bulan.

Awalnya diberikan secara gratis.

Untuk memenuhi persyaratan kendaraan truk Quester Euro 5, Ad Blue menggunakan tabung 10 liter.

Winarto menjelaskan bahwa setiap pembelian pertama Quester Euro 5, mereka memberikan 800 liter gratis kepada pelanggannya.

Pengeluaran dilakukan dalam 4 tahap, masing-masing tahap memasok total 200 liter.

Truk Quester Euro 5 dengan tangki Ad Blue 50 liter.

Kami mengajarkan pelanggan kami untuk selalu membawa paket Ad Blue untuk bantuan darurat di kabin truk mereka.

“Ad Blue bukanlah cairan yang berbahaya dan tidak mudah terbakar, sehingga dapat disimpan dengan aman,’ kata Winarto.

Untuk mengontrol penggunaan Ad Blue, pengemudi sudah dapat melihat indikator Ad Blue di dashboard truk, seperti indikator bahan bakar.

Sementara itu, pengusaha atau operator truk pelanggan dapat memantau penggunaan Ad Blue yang akurat dan terkini melalui kekuatan teknologi informasi.

Ia mengatakan, harga pasar AdBlue dipatok Rp 10.000 per liter dan dapat dibeli di seluruh jaringan pasar Astra UD Trucks seperti Seva, Tokopedia, Shopee dan Blibli, serta seluruh jaringan toko Astra UD Trucks di Indonesia.

Berbeda dengan UD Trucks, PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) tidak menawarkan AdBlue gratis kepada konsumen.

Faustina, Head of Product and Marketing Management PT DCVI mengatakan Selasa (12/4/2022).

Trending :  Suzuki Marine Pamerkan Mesin Tempel Kapal Anyar Yang Efisien Bahan Bakar

Meski demikian, pihaknya siap melayani kebutuhan AdBlue pengguna truk Axor Euro 4 setiap saat melalui jaringan diler Mercedes-Benz.

“Ketika pelanggan membutuhkannya, kami hanya memanggil agen kami,” katanya.

Presiden PT DCVI Park Jung-woo mengatakan pihaknya saat ini terus mengedukasi pelanggan Daimler tentang teknologi SCR dan penggunaan AdBlue di truk Axor Euro 4.

“Mesin truk yang menggunakan AdBlue sangat mudah perawatannya bagi pengguna karena mesin yang kami gunakan masih sama dengan mesin Axor Euro 2,” ujar CEO Park.

Dan Faustina menambahkan bahwa DCVI telah memasok AdBlue ke semua penjual sejak April. Faustina mengatakan, “Saya yakin produsen lokal juga akan membuat AdBlue dalam beberapa bulan ke depan. Saya dengar ada BUMN seperti Pupuk Kujang yang membuatnya.”

DCVI memberi harga AdBlue dengan harga eceran antara Rs 10.000 dan Rs 11.000 per liter.

Teknologi SCR lebih menguntungkan.

Dijelaskannya, pengoperasian truk dengan teknologi SCR lebih menguntungkan dibandingkan truk Euro 4 dengan teknologi EGR. Itu karena truk dengan teknologi SCR, seperti Quester Euro 5, hanya membutuhkan uang ekstra bagi pengusaha transportasi untuk membeli AdBlue, yang nilainya kurang dari satu juta dolar.

Di sisi lain, truk dengan teknologi EGR lebih sensitif terhadap kadar sulfur dalam bahan bakar. Jadi truk jenis ini harus menggunakan bahan bakar solar jenis Pertadex yang jelas lebih mahal.

Truk dengan teknologi SCR, seperti Quester Euro 5, tidak perlu menggunakan diesel Pertadex, hanya biodiesel yang lebih mahal.

Untuk menyambut pemberlakuan standar emisi Euro 4 ini, Astra UD Trucks juga telah meluncurkan paket khusus penjualan Quester Euro5 atau yang disebut dengan paket SUPER Euro 5.

Semua pembelian Quester termasuk 800 liter AdBlue gratis, 1 tahun UD Telematics dan gratis 120.000 km atau 3 tahun layanan ditambah opsi perpanjangan hingga 5 tahun dengan garansi 100.000 km atau 1 tahun.

Trending :  Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi

Astra UD Trucks menjual Quester Euro 5 dalam berbagai tipe dan varian, mulai dari 4×2 R, 4×2 TH dan 6×2 R hingga 6×4 R dan 6×4 TH.

Astra UD Trucks siap memberikan dukungan solusi purna jual yang lengkap untuk Quester Euro 5 Anda, mulai dari berbagai layanan kontrak servis seperti UD Pro Care, UD Trust dan UD Ultimate hingga Driver Training dan Astra UD Care. Kontak 24/7 dan Panggilan Darurat Kami memiliki sejumlah opsi layanan pelanggan yang mudah diakses dari pusat panggilan 24/7, email, dan whatsapp kami.

Seluruh layanan Astra UD Trucks terkonsolidasi dari satu titik ke titik lainnya di seluruh Indonesia. Hal ini dikarenakan setiap pelanggan Astra UD Trucks memiliki satu nomor unik atau satu pengenal. Astra UD Trucks selalu siap memberikan pelayanan yang cepat, akurat, aman dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.