Perbedaan Aki Kering Dan Basah

Aki yang digunakan dalam kedaraan bermotor seperti mobil dan sepeda motor terbagi menjadi dua jenis, yakni aki basah dan aki kering. Namun masih banyak pengguna kenadaraan bermotor yang belum mengetahui Perbedaan Aki Kering Dan Basah.

Banyak pengguna kendaraan bermotor yang tidak mengetahui Perbedaan Aki Kering Dan Basah padahal perbedaan keduanya cukup signifikan. Jika anda kebingungan untuk membedakannya anda tidak perlu khawatir lagi. Dalam artikel berikut kami akan menjelaskan perbedaan diantara keduanya

Aki basah biasanya menggunakan tempat atau wadah penyimpanan yang transparan. Wadah yang transparan ini akan membantu kita untuk memantau kadar air dalam aki. Pemantauan kadar air ini penting untuk dilakukan agar kelistrikan pada kendaraan bisa bekerja dengan maksimal.

Berbeda dengan aki kering, aki kering memiliki tempat yang berwarna solid seperti putih, abu-abu atau berwarna gelap. Sehingga anda tidak akan bisa melihat isinya seperti melihat pada aki basah. Aki kering ini juga tidak memiliki lubang untuk pengisian diatasnya. 

Aki kering merupkan produk pengembangan dari aki basah, maka tidak heran jika aki kering lebih banyak memiliki keunggulan. Aki kering diisi dengan isian berwujud gel yang memungkinkan proses penguapan sangat kecil. Sehingga volume gelnya akan terjaga dengan baik.

Selanjutnya jika aki basah memerlukan perawatan dan pengecekan kadar air beberapa kali. Aki kering sudah menggunakan teknologi free maintenance (MF) yang hanya membutuhkan sedikit perawatan. Anda tinggal menggunakannya dan sedikit merawatnya tidak seperti aki basah.

Tentunya untuk cara merawat kedua aki ini terdapat perbedaan yang mencolok. Jika anda menggunakan aki basah, anda harus rutin mengecek kadar air dalam aki. Selain itu anda harus sesekali memberikan perawatan pada kutub positif dan negatif pada aki.

Trending :  Biaya Pembuatan Sim A Nembak

Selanjutnya jika anda menggunakan aki kering, anda hanya perlu rajin-rajin menggunakan kendaraan anda. Lebih baik jika aki anda sering digunakan daripada mendiamkannya di rumah. Seperti yang disinggung di atas jika teknologi MF tidak memerlukan banyak perawatan.

Demikian beberapa penjelasan singkat tentang Perbedaan Aki Kering Dan Basah. Sangat penting bagi anda untuk mengetahui perbedaan ini karena perawatan kedua aki ini sangat jauh berbeda. Pastikan anda merawatnya sesuai dengan jenis aki yang anda gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.